Parenting dan Anak
4 Alasan yang Harus Diketahui Ayah Bunda Mengapa Anak Enggan Bercerita

4 Alasan yang Harus Diketahui Ayah Bunda Mengapa Anak  Enggan Bercerita
Kejadian pulang sekolah .... "hai dek tadi belajar apa?" "Ya sama kayak kemarin lah ma" Mama bertanya lagi "gimana tadi di sekolah" Adek jawab "ya gitulah ma" Mama masih penasaran dan melanjutkan pertanyaannya "kabar teman teman adek hari ini" Adek menjawab "ya asyik asyik aja" dan kemudian si adik pergi begitu saja, serta tinggallah mama yang gigit jari hehe 😁

Kejadian pulang sekolah ....
"hai dek tadi belajar apa?"
"Ya sama kayak kemarin lah ma"
Mama  bertanya lagi "gimana tadi di sekolah"
Adek jawab "ya gitulah ma"
Mama masih penasaran dan melanjutkan pertanyaannya  "kabar teman teman adek hari ini"
Adek menjawab "ya asyik asyik aja" 
dan kemudian si adik pergi begitu saja, serta tinggallah mama yang gigit jari hehe 😁
 
Ayah bunda sering kali  kita berharap anak2 akan bercerita banyak hal pada kita tentang kegiatannya.  Akan tetapi mereka tidak mampu melakukannya...
 
Kenapa bisa terjadi seperti ini ? Ada 4 hal yang harus kita perhatikan
 
1. Anak tidak memiliki minat bercerita dan bonding yang cukup dekat secara emosi dengan kita, sehingga merasa kurang nyaman berbagi cerita dengan orang tuanya. Mereka merasa lebih nyaman curhat dengan teman seusia mereka atau peer group
 
2. Anak tidak memiliki ketrampilan berbahasa yang cukup memadai untuk mengungkapkan ceritanya,  sehingga kalau diajak berkomunikasi kurang mampu memberikan respons seperti yang kita harapkan.
 
3. Anak tidak biasa berbagi cerita, karena memang tidak terbiasa dan juga jarang berkomunikasi.  Apabila  berkomunikasi dengan kita, mungkin sekedar perlu untuk menyampaikan kebutuhan dan keinginannya saja.
 
4. Selama ini kita tidak menyadari bahwa anak anak hanya kita ajarkan berbicara,  tapi bukan berbahasa. Ada hal mendasar belajar bicara dan belajar berbahasa.  Saat anak belajar berbicara mereka hanya belajar mengeluarkan suara dan menirukan suara serta bunyi. Baik itu dalam bentuk kosa kata dan bunyi bunyi lainnya tanpa memperhatikan kaidah aturan dalam berbahasa,  yang memiliki S,P,O dan K serta etika dalam berbahasa. Sedangkan dalam berbahasa terikat aturan baku tata bahasa, etika, sehingga makna informasi yang ingin disampaikan diterima dengan jelas, tepat dan benar.

apa yaa solusi untuk anak seperti ini?








Parenting dan Anak Lainnya
Duduk Seharian di Kantor Dapat Menaikkan Berat Badan. Ini 7 Tips Menurunkannya!
Duduk Seharian di Kantor Dapat Menaikkan Berat Badan. Ini 7 Tips Menurunkannya!
Rabu, 01 Maret 2017 08:53 WIB
Sebagai pekerja kantoran, punya hasrat ingin menurunkan berat badan bisa jadi hanya khayalan. Lantaran Ayah Bunda lebih sering hanya duduk di depan meja menghadap layar komputer atau laptop saja. Mencari waktu untuk olahraga rasanya susah sekali, apalagi saat seusai pulang kantor badan sudah capek. Weekend pun inginnya dilakukan dengan malas-malasan saja di rumah.
Dampak Memakan Harta Haram
Dampak Memakan Harta Haram
Rabu, 05 Oktober 2016 03:57 WIB
Ayah Bunda, berbagai bentuk makanan tidak halal disajikan di lingkungan kita. Para pedagang yang menjual makanan pun kurang memperhatikan bahan yang diolah, padahal sangat besar efek dari memakan dari jenis panganan haram. Berikut akan diterangkan dampak langsung dan tidak langsung dalam mengkonsumsi makanan haram.
5 Adab Menjenguk Walikota Dalam Islam
5 Adab Menjenguk Walikota Dalam Islam
Senin, 09 Januari 2017 15:41 WIB
Ayah Bunda, di kabarkan pada kompas.com bahwa wali kota Bandung, Kang Emil di rawat di rumah sakit. Penyakit yang diderita belum dapat dipastikan, tapi menurut Atalia beliau mengidap tipes atau Demam Berdarah. Jika ada yang akan menjenguk orang nomer 1 di Kota Bandung itu, praktekkan adab-adabnya dibawah ini:
5 Alasan yang Buat Anda Semangat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid
5 Alasan yang Buat Anda Semangat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid
Selasa, 17 Januari 2017 07:18 WIB
Semenjak digalakkannya shalat subuh berjamaah nasional, shalat subuh menjadi suatu hal yang menyenangkan dan ringan untuk di kerjakan. Untuk mempertahankan suatu kebiasaan tidak mudah butuh perjuangan dan semangat. Untuk membantu dalam perjuangan shalat subuh, kenalan yuk sama kelebihan shalat subuh.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Galuh Kencono Wulan (WA/CALL 087788656022) Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya