Parenting dan Anak
4 Alasan yang Harus Diketahui Ayah Bunda Mengapa Anak Enggan Bercerita

4 Alasan yang Harus Diketahui Ayah Bunda Mengapa Anak  Enggan Bercerita
Kejadian pulang sekolah .... "hai dek tadi belajar apa?" "Ya sama kayak kemarin lah ma" Mama bertanya lagi "gimana tadi di sekolah" Adek jawab "ya gitulah ma" Mama masih penasaran dan melanjutkan pertanyaannya "kabar teman teman adek hari ini" Adek menjawab "ya asyik asyik aja" dan kemudian si adik pergi begitu saja, serta tinggallah mama yang gigit jari hehe 😁

Kejadian pulang sekolah ....
"hai dek tadi belajar apa?"
"Ya sama kayak kemarin lah ma"
Mama  bertanya lagi "gimana tadi di sekolah"
Adek jawab "ya gitulah ma"
Mama masih penasaran dan melanjutkan pertanyaannya  "kabar teman teman adek hari ini"
Adek menjawab "ya asyik asyik aja" 
dan kemudian si adik pergi begitu saja, serta tinggallah mama yang gigit jari hehe 😁
 
Ayah bunda sering kali  kita berharap anak2 akan bercerita banyak hal pada kita tentang kegiatannya.  Akan tetapi mereka tidak mampu melakukannya...
 
Kenapa bisa terjadi seperti ini ? Ada 4 hal yang harus kita perhatikan
 
1. Anak tidak memiliki minat bercerita dan bonding yang cukup dekat secara emosi dengan kita, sehingga merasa kurang nyaman berbagi cerita dengan orang tuanya. Mereka merasa lebih nyaman curhat dengan teman seusia mereka atau peer group
 
2. Anak tidak memiliki ketrampilan berbahasa yang cukup memadai untuk mengungkapkan ceritanya,  sehingga kalau diajak berkomunikasi kurang mampu memberikan respons seperti yang kita harapkan.
 
3. Anak tidak biasa berbagi cerita, karena memang tidak terbiasa dan juga jarang berkomunikasi.  Apabila  berkomunikasi dengan kita, mungkin sekedar perlu untuk menyampaikan kebutuhan dan keinginannya saja.
 
4. Selama ini kita tidak menyadari bahwa anak anak hanya kita ajarkan berbicara,  tapi bukan berbahasa. Ada hal mendasar belajar bicara dan belajar berbahasa.  Saat anak belajar berbicara mereka hanya belajar mengeluarkan suara dan menirukan suara serta bunyi. Baik itu dalam bentuk kosa kata dan bunyi bunyi lainnya tanpa memperhatikan kaidah aturan dalam berbahasa,  yang memiliki S,P,O dan K serta etika dalam berbahasa. Sedangkan dalam berbahasa terikat aturan baku tata bahasa, etika, sehingga makna informasi yang ingin disampaikan diterima dengan jelas, tepat dan benar.

apa yaa solusi untuk anak seperti ini?








Parenting dan Anak Lainnya
Megahnya Pagelaran Risalah Cinta
Megahnya Pagelaran Risalah Cinta
Kamis, 15 Desember 2016 07:18 WIB
Pada tanggal 11 Desember 2016 diadakan dzikir drama yang diselenggarakan oleh Sygma Daya Insani dan Teater Menara Salman ITB. Acara yang bertemakan mencintai Allah, Al Quran, dan Rasulnya ini mendapat antusias yang cukup tinggi di Kota Bandung. Hal ini terbukti dengan hadirnya 1000 orang yang menonton.
5 Tanda Hati Cinta Al Quran
5 Tanda Hati Cinta Al Quran
Kamis, 03 November 2016 06:38 WIB
Ayah Bunda, apabila kita memperhatikan keadaan kita saat ini, maka akan di dapati bahwa masih banyak di antara kaum Muslimin yang jauh dari Al Quran, bahkan begitu sangat jauhnya mereka dari petunjuk dan pengajaran yang ada di dalam Al Quran. Mengapa demikian? Penyebab utamanya adalah tidak adanya kecintaan kepada Al Quran. Rasa cinta kepada Al Quran itu telah redup dan menghilang atau bahkan rasa cinta itu telah mati.
Empat Kota Hadirkan Pagelaran Teatrikal Keteladanan Rasulullah
Empat Kota Hadirkan Pagelaran Teatrikal Keteladanan Rasulullah
Selasa, 20 Mei 2014 10:13 WIB
sygmadayainsani.co.id - Empat Kota Hadirkan Pagelaran Teatrikal Keteladanan Rasulullah - Rasulullah saw pernah bersabda bahwa beliau merindukan orang-orang yang beriman kepadanya dan melaksanakan apa yang dicontohkannya, namun tidak pernah bertemu langsung dengan beliau. Mereka yang dimaksud Rasulul
5 Tips Agar Keluarga Tetap Bahagia Walapun Bunda Sibuk Bekerja
5 Tips Agar Keluarga Tetap Bahagia Walapun Bunda Sibuk Bekerja
Senin, 28 November 2016 03:13 WIB
Bunda, berbagai keterbatasan selalu menjadi penghalang, baik dalam segi fisik dan mental. Jika Bunda adalah seorang wanita pekerja yang selalu berusaha menjadi istri dan ibu terbaik bagi keluarga di rumah tanpa meninggalkan tanggung jawab di kantor, berikut merupakan tips sederhana untuk menjadi ibu sekaligus wanita pekerja yang sukses.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Galuh Kencono Wulan (WA/CALL 087788656022) Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya